Senin, 29 Oktober 2018

Ikan Gabus Kaya Mamfaat


       Hasil gambar untuk Ikan Gabus


Prospek Budidaya Ikan Gabus



Oleh " Ahmad Rukbi, Luhkan Musi Rawas


Ikan gabus merupakan ikan air tawar liar dan predator benih yang rakus dan sangat ditakuti pembudidaya ikan. Ikan ini merupakan ikan buas (carnivore yang bersifat pemakan segala yang predator). Di alam, ikan gabus tidak hanya memangsa benih ikan tetapi juga ikan dewasa dan serangga air lainnya termasuk kodok.

Persiapan Wadah
Wadah budidaya ikan Gabus disesuaikan dengan kebiasaan hidup di alam, yaitu dimanifulasi kondisi lingkungan dengan memperdalam dasar kolam (1 m), Pengairan cukup untuk mengganti penguapan. Pelindung perairan ditanami tanamn air eceng gondok atau kayu apu. Untuk menjaga keamanan bagian pinggir kolam dipagar dengan  hapa hitam. 

 1.   Budidaya Sebelum benih di tebar
Kolam dikeringkan dan diberi kapur tohor sebanyak 10 kg. untuk pencegahan dan pemberantasan hama/penyakit yang ada di dasar kolam (lumpur). Air dimasukan setinggi 0,75 m dan 30% permukaan kolam ditanami dengan tanaman air seperti  eceng gondok atau azzola. Biarkan selama 7 hari agar kondisi airnya  stabil.
 2.  Penebaran Benih
Benih yang ditebar berukuran 3 inch, diperoleh dari perairan umum. Padat tebar benih  100 ekor/m2 kolam.
 3.  Pemberian Pakan
Untuk menjaga kanibalisme dari ikan gabus ini, maka perlu disiapkan pakan yang sesuai dengan kondisi di alam yaitu ikan rucah (anakan ikan mujair, daging keong mas, percil kodok, cacing tanah, maggot , atau daging ayam mati ). Jumlah pakan perhari disesuaikan  dengan kemampuan cerna ikan gabus.Pakan diberikan  3 kali sehari (pagi, siang dan sore)
 4.  Pemeliharaan
Setiap hari perlu dikontrol untuk menjaga hama yang akan memangsa ikan gabus, biasanya ular,dan burung. 
5.Panen
Panen direncanakan  setelah ikan berukuran  minimal 250 gr/ekor dengan masa pemeliharaan selama 3 bulan. 
Berbagai manfaat ikan gabus

Ikan gabus atau channa striata dikenal memiliki jenis kandungan gizi yang lebih tinggi. Kandungan protein ikan gabus sebesar 25,5%, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kadar protein dari ikan bandeng 20,0%, ikan mas 16,0%, ikan kakap 20,0%, ataupun ikan sarden sebesar 21,1%. 

Berikut manfaat ikan gabus yang mengejutkan untuk Anda.

1. Pembentukan dan pertumbuhan otot
Ikan gabus mengandung kandungan protein yang lebih tinggi dibanding kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan gabus Anda dapat memperolah 25,2 gram protein. Coba Anda bandingkan dengan kadar protein untuk  per 100 gramnya  yang terdapat pada ayam yang hanya 18,2 gram, pada daging sapi hanya 18,8 gram, maupun telur yang hanya 12,8 gram. Kandungan protein yang tinggi akan menguntungkan Anda sebab akan banyak membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh Anda.

2. Mempercepat penyembuhan luka
Daging ikan gabus banyak mengandung kadar albumin yang sangat tinggi. Perlu Anda ketahui, albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh Anda.

3. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh
Zat albumin juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Jika kondisi cairan dalam tubuh Anda berkurang, maka protein yang masuk ke dalam tubuh akan pecah sehingga tidak dapat berfungsi secara normal. Kandungan normal albumin dalam tubuh mencapai 60%.

4. Memperbaiki gizi buruk
Manfaat ikan gabus juga dapat memperbaiki gizi buruk yang banyak dialami oleh bayi, balita, anak maupun ibu hamil. Dalam 100 gr gabus saja, sudah sangat cukup memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama untuk bayi.

5. Sehat untuk pencernaan
Ikan gabus mempunyai struktur daging yang lebih empuk, sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan pencernaan. Hal ini karena ikan gabus memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging. Ikan gabus hanya memiliki 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar