Selasa, 30 Juli 2019

Cara Membuat Jala Ikan

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas


Hasil gambar untuk cara membuat jala ikanCara Membuat Jala Ikan Tradisional
Jala merupakan salah satu alat tradisional penangkap ikan paling jitu. Namun untuk membuat jala tidak mudah. Banyak sekali orang yang tidak mengerti cara membuatnya. Membuat jala sangat rumit dan membutuhkan kesabaran untuk menyiapkan satu jala.

Nah menurut pengalaman saya saat membuat jala, banyak sekali tantangan untuk menyiapkan sebuah jala yang bisa beroperasi di air untuk menangkap ikan. Karena banyak sekali malasnya sisebabkan semakin panjang daun jala maka akan semakin lama membuat dalam satu keliling.

Apakah sobat sudah membayangkan betapa sulitnya membuat jala.? menurut saya, hanya orang serius lah yang bisa membuat jala sampai selesai. Karena membuatnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Bagi sobat yang serius membuat jala pasti akan bisa dan berhasil.


Hasil gambar untuk cara membuat jala ikan
Baiklah kali ini kita langsung saja masuk pada, apa saja yang di perlukan dalam membuat jala. Membuat jala akan memerlukan pisau, tingau, pang. Nah itulah yang akan diperlukan, untuk penjelasannya masing-masing langsung saja berikut ini.

- Kegunaan pisau adalah untuk membuat pang dan memperkecilkan ukuran pang.

- Tingau digunakan untuk menggulung nilon yang akan digunakan untuk pengikat buhur jala.

- Pang digunakan untuk menyamakan mata jala / lubang agar mata jala sama rapi. Pang bisa dibuat dengan bambu.

Nah itulah kegunaan masing-masing alat yang diperlukan. Selanjutnya kita masuk pada cara pembuatan jala.

Cara Membuat Jala Ikan Tradisional
1. Pertama siapkan tali bantu untuk mengikat saat membuat pusat.

2. Kedua sorongkan benang di tingau yang telah di gulung tadi sesuai pang jala dan silahkan buat pusat jala sebanyak 27 buhur.

3. Setelah membuat 27 pusat silahkan pertemukan buhur pertama dengan buhur kedua lalu sambung lagi kebwah.

4. Pabila sudah sampai 3 keliling dari pusat pertama silahkan lakukan penurangan dan kecilkan pang jala sedikit saat penurangan. Jika kamu tidak tau cara menurang jala silahkan tanya atau belajar langsung sama orang yang sudah pernah membuat jala. Karena menurang tidak bisa dijelaskan.

5. Terakhir silahkan lakukan penurangan sebanyak 7 kali turang

- Turang 1 pada keliling 3
- Turang 2 pada keliling 5
- Turang 3 pada keliling 7

nah begitu selanjutnya pada turang berikutnya hanya berjarak dua keliling. Kegunaan turang tersebut untuk mengembangkan jala. Jika tidak dilakukan penurangan maka jala yang akan dibuat tidak akan kembang.

Begitulah cara membuat jala ikan. Bagi sobat yang ingin mencoba silahkan. Jika ada penulisan diatas kurang mantap atau kurang jelas silahkan masukan kritik sobat pada kolom komentar. Berikut yang saya tulis diatas adalah pengalaman sendiri saat membuat sebuah jala ikan. Sebenarnya sulit mengetahui cara membuat jala dengan tiori. Untuk lebih jelas, sebaiknya belajar langsung dengan orang yang sudah ahli membuat jala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar