Kamis, 08 Agustus 2019

Pembesaran Sepat Siam di Kolam Terpal

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal. Bagi kalian yang ingin mencoba untuk budidaya ikan sepat siam, namun masih bingung dengan cara budidayanya. Nah kalian tidak perlu risau, karena kami akan memberikan sedikit caranya kepada kalian. Jika kalian sudah penasaran dengan caranya, langsung saja yuk kita bahas artikel yang telah kami buat di bawah ini.
Ikan sepat siam merupakan jenis ikan air tawar yang tergolong dari suku gurami. Di Jawa Timur ikan ini di kenal dengan nama sliper, ikan sepat ini memiliki tubuh sedang, panjangnya biasa mencapai 25 cm, lebar pipihm dengan mulut agak runcing. Ikan sepat ini memiliki ekor dan sirip dubur berwarna gelap. Dan ikan sepat ini memiliki kumis yang sangatlah panjang.
Ikan sepat ini biasanya sering di temui di rawa, atau di paret kecil. Biasanya ikan sepat ini akan nimbul-nimbul ke permukaan, namun semenjak ikan sepat ini sudah sering di cari oleh manusia yang di mana di jadikan sebagai sumber pakan manusia. Biasanya ikan sepat ini di tangkap dengan cara menggunakan jaring atau di pancing.
Namun saat ini banyak juga yang budidaya ikan sepat siam ini, karena di mana hasil yang di  dapatkan juga lumayan menguntungkan bagi para pembudidaya. Dalam budidaya ikan sepat ini tidaklah sangat sulit, budidaya ikan sepat ini sangatlah mudah seperti Panduan Beternak Burung Walet karena di mana kita hanya perlu belajar dengan giat dan lebih dalam lagi.
Namun jika kalian ingin mencoba untuk budidaya ikan sepat ini, berikut ini ada cara budidaya ikan sepat yang bisa kalian coba di rumah. Nah kalian sudah penasaran langsung saja yuk kita bahas artikel yang telah kita buat di bawah ini :

Persiapakan Kolam

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal
Sebelum kalian membuat kolam, maka kalian harus memilih lokasi terlebih dahulu. Dalam pemilihan lokasi tidaklah sangatlah sulit, karena kalian juga bisa menjadi sebelah rumah kalian sebagai lokasi kolam ini. Namun apabila lokasi tersebut mudah tergenang air, maka kalian bisa menimbun lokasi tersebut. Agar dataran lokasi tersebut lumayan tinggi, dan akan jauh dari genangan air banjir.
Setelah mendapatkan lokasi maka selanjutnya adalah pembuatan kolam. Untuk kolam yang akan di buat harus di tentukan terlebih dahulu. Jika kalian ingin pelihara ikan yang banyak, maka kalian bisa membuat kolam yang besar, jika kalian penasaran dengan cara pembuatan kolam berikut ini ada beberapa langkahnya sebagai berikut :
  1. Awalnya, kalian bisa mengali tanah tersebut sedalam 1-2 meter.
  2. Setelah itu kalian bisa bisa membuat beberapa rangka untuk meletakan terpal tersebut.
  3. Jika sudah kalian membuat rangka, maka selanjutnya kalian bisa memang terpal di kolam tersebut.
  4. Jika sudah selesai, maka kalian bisa mengisi air pada kolam. Dan setelah itu biarkan air mengendap di kolam 1 harian, agar bau terpal bisa hilang.

Pemilihan Induk Sepat Siam

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal
Jika sudah kalian siapkan kolam, maka selanjutnya adalah pembelian indukan ikan sepat siam. Dalam pembelian ikan kalian harus memilih ikan sepat yang berasal dari induk yang berkualitas. Selain itu, induk yang kalian pilih harusnya sudah mampu memproduksi sel teur dan spematozoa, memiliki gerakan lebih lincah, tidak abnormal, pertumbuhan relatif jauh lebih baikm dan berasal dari indukan yang berkualitas.
Nah biasanya pembelian induk sepat kalian bisa membeli di toko ikan, namun jika di toko ikan tidak begitu banyak menyediakan induk ikan sepat. Sehingga kalian yang tidak banyak pilihan dalam pemilihan induk ikan sepat ini. Jadi kami sarankan kalian bisa membeli induk sepat langsung di para peternak ikan sepat siam langsung. Di sana kalian bisa memilih indukan sepat dan kalian bisa melihat langsung induk tersebut berasal dari induk yang berkualitas atau bukan.

Pemeliharaan Ikan Sepat

Selanjutnya adalah pemeliharaan ikan sepat, seperti pemberian pakan juga harus di berikan kepada ikan, karena di mana pemberian pakan akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan. Jadi kami sarankan jika kalian ingin cepat panen dalam pemeliharaan ikan, maka kalian bisa memberikan ikan satu hari 2-3 kali seperti pagi,siang,dan sore.
Sementara kalian juga harus melihat penyakit pada ikan, biasanya jika ikan sakit, maka dia akan nimbul di permukaan air. Jadi kami sarankan jika ikan sudah menimbul di permukaan kalian harus menangkap ikan tersebut. Dan segera kalian melihat sakit apa yang terjadi pada ikan. Jika kalian sudah mengetahuinya, maka kalian bisa memberikan obat kepada ikan tersebut. Dan untuk ikan di dalam kolam bisa juga kalian berikan untuk menghindari agar tidak terserang penyakit tersebut.

Pemanenan Ikan Sepat

Cara Budidaya Ikan Sepat Siem Kolam Terpal
Selanjutnya adalah masuk pada masa pemanenan. Dalam panen kalian bisa melakukan pada pagi hari jam 10 setelah itu di berikan makan. Dalam pemenena kalian harus siapkan wadah terlebih dahulu untuk menampung ikan sempat yang sudah kalian panen tadinya. Setelah itu kalian bisa menangkan ikan tersebut menggunakan jaring.
Jika sudah maka kalian bisa langsung mengantar ikan sepat kepada konsumen yang memesan. Atau biasanya para pemesan ini akan langsung datang ke kolam ikan kalian untuk mengambil pesenan mereka. Untuk mendapatkan tambahan, kalian juga bisa menjualnya kepada warga sekitarnya dengan harga pasaran atau lebih murah. Namun jangan terlalu murah, karena kasihan kepada penjual ikan yang mengambil ikan dari kalian tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar