Kamis, 01 November 2018

Proses Pembuatan Pupuk Cair

Kelebihan Pupuk Cair

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si
Penyuluh Perikanan Kab.Musi Rawas


I.PENDUAHULUAN.
Pupuk oganik bukan hanya berbentuk padat dapat berbentuk cair Pupuk cair sepertinya lebih mudah dimanfaatkan oleh tanaman karena unsur-unsur di dalamnya sudah terurai dan tidak dalam jumlah yang terlalu banyak sehingga manfaatnya lebih cepat terasa.
Bahan baku pupuk cair dapat berasal dari bahan padat dan cair dengan perlakuan perendaman. Setelah beberapa minggu dan melalui beberapa perlakuan.,Air rendaman sudah dapat digunakan sebagai pupuk cair.
Penggunaan pupuk cair dapa tmemudah kan dan menghemat tenaga. Keuntungan pupuk cairan antara lain :
-pengerjaan pemupukan akan lebih cepat
penggunaanya sekaligus melakukan perlakuan penyiraman sehingga dapat menjaga kelembaban tanah
aplikasinya bersama pestisida organik berfungsi sebagai pencegah dan pemberantas penggangu tanaman.
Jenis tanaman pupuk hijau yang  sering digunakan untuk pembuatan pupuk cair misalnya daun johar, gamal,dan lamtorogung.
Ketersediaan makanan tumbuhan dipengaruhi oleh kesuburan tanah. Kesuburan tanah merupakan kemampuan tanah menyediakan hara dalam jumlah cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangbiakan.
Definisi ini seringkali dipahami terlalu sempit dengan hanya mempertimbangkan sifat kimia/kesuburan tanah yang hanya menyangkut jumlah dan ketersediaan unsur

hara yang dikandung tanah. Konsep kesuburan tanah sebenarnya jauh lebih luas. Aspek kesuburan adalah sifat fisik tanah, kerapatan lindak tanah, kedalam perakaran, struktur dan porositas tanah/kerenggangan tanah/kemampuan meresapkan air.
Untuk mendapatkan kesuburan tanah diperlukan penambahan bahan-bahan yang mengandung unsur hara. Unsur hara organik dapat diperoleh dari sisa hasil panen, bahan yang berasal dari luar usaha, bisa juga berasal dari tanaman kacang-kacangan, dll. Salah satu langkah untuk mengmbalikan kesuburan tanah
Usaha pertanian organik seringkali dilakukan dengan mengembalikan sisa hasil  panen ke sawah, namun daur limbah pertanaman ini tidak cukup untuk menggantikan keseluruhan unsur hara yang hilang. Perbaikan kesuburan tanah dapat diusahakan dengan membuat pupuk organik sendiri.

2. Teknik Pembuatan PupukCair
Contoh pembuatan pupuk organik cair :
a. Pupuk organik cair KCL
Masukkan sabut kelapa ke dalam drum sampai berisi setengahnya. Isilah drum dengan air sampaipenuh. Tutuplah drum rapat-rapat.  Biarkan drum dalamkeadaantertutupselama 2 minggu. Bila air berubahmenjadihitamkandunganKCldalamsabutkelapasudahlarut.Air tersebutbisalangsungdigunakansebagaipupuktanaman.
b. Pupuk organik Cair
Pupuk organik cair dibuat dari bahan padat, seperti ampas tahu, jerami padi, dedak halus dll. Urutan pembuatan seperti gambar dibawah ini.

 
 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar