Selasa, 26 Maret 2019

Cara Mengolah, dan Menyimpan Telur Ikan

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas

5 Tips Memilih, Mengolah, dan Menyimpan Telur Ikan
(Image: Alibaba)
Penulis: Ninna.L | Editor: Ria
Selain bagian dagingnya yang gurih dan nikmat, telur ikan juga banyak diolah menjadi aneka hidangan yang menggugah selera. Sebut saja pepes, gulai, tongseng, dan telur ikan goreng tepung. 

Telur ikan yang banyak digunakan biasanya berasal dari ikan manyung, ikan kakap, ikan mas, ikan nila, ikan patin, ikan gabus, ikan tenggiri, dan masih banyak lagi. Selain lezat, telur ikan juga tidak perlu diragukan lagi kandungan gizinya yaitu kaya akan protein, lemak baik, dan vitamin.
Sehingga sangat baik untuk tubuh terutama bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anda tertarik mengolah sendiri telur ikan di rumah? Simak dulu yuk tips memilih, mengolah, dan menyimpannya ini agar sajian telur ikan jadi lebih lezat.

1. Pilih telur ikan yang masih segar
Di pasaran, biasanya telur ikan dijual kiloan dalam bentuk mentah ataupun matang siap masak (sudah dibersihkan dan direbus, jadi tinggal diolah). Saran saya, pilih telur ikan yang dijual mentah karena biasanya telur tersebut masih segar.

2. Cuci telur ikan pelan-pelan
Karena teksturnya sangat rapuh, maka anda harus hati-hati saat mencuci telur ikan. Cuci telur pelan-pelan saja dalam wadah berisi air bersih, karena pada dasarnya telur ikan tidak terlalu kotor dan cukup dibersihkan darahnya saja. Hindari mencuci telur ikan di air mengalir dengan kencang, karena hal tersebut malah akan membuat telur ikan pecah dan berhamburan sehingga bentuknya tidak utuh lagi. 

3. Lumuri telur ikan dengan jeruk nipis
Sama seperti seafood lainnya, telur ikan juga memiliki bau amis yang cukup menganggu. Oleh sebab itu, ada baiknya anda melumuri telur ikan dengan air perasan jeruk nipis dan garam terlebih dahulu sebelum diolah. Rendam dan biarkan selama beberapa saat sampai bau amis hilang.

4. Rebus atau kukus telur ikan sebelum diolah
Selanjutnya, rebus atau kukus telur ikan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit. Tidak perlu terlalu lama, karena nantinya telur ikan akan diolah lagi. Merebus atau mengukus telur ikan terlebih dahulu bisa membantu agar teksturnya lebih memadat (set) dan tidak hancur ketika dimasak. Setelah itu, segera tiriskan dan telur siap diolah jadi aneka hidangan lezat sesuai selera.

5. Simpan telur ikan dalam freezer
Jika anda tidak akan langsung mengolahnya, telur ikan bisa dimasukkan dalam wadah kering dan kedap udara, untuk kemudian disimpan dalam freezer lemari es.
Telur ikan termasuk bahan masak langka yang tidak selalu tersedia di pasaran. Oleh sebab itu, bila anda kebetulan menemukannya, jangan ragu-ragu yah untuk membelinya. Dengan tips di atas, anda bisa mengolahnya dengan tepat jadi sajian super lezat dan bergizi untuk anggota keluarga. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar