Selasa, 05 Maret 2019

Penggunaan Ovaprim Untuk Meransang Pemijahan Ikan

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas


 Hasil gambar untuk kegunaan ovaprim untuk pemijahan ikan
Aplikasi:
hal ini digunakan untuk menginduksi pembibitan ikan  dalam kedua ikan air tawar dan air laut. itu pengganti hipofisis dengan keuntungan dari estrus tingkat tinggi, mempersingkat waktu respon dan mengurangi efek samping.

 Hasil gambar untuk kegunaan ovaprim untuk pemijahan ikan
Dosis & Penggunaan: 
larut dalam 10 ml air garam sebagai suspensi untuk intra-peritoneal atau injeksi intramuskular. setengah dosis untuk laki-laki ikan. dosis yang disarankan ditampilkan sebagai berikut.
ikan mas 0.5 ml/kg 0.5 ml/kg
ikan mas 0.5 ml/kg kgBream 0.3 ml/kg
Bighead ikan mas 0.5 ml/kg 0.5 ml/kg
Thailandlump r ikan mas 0.5 ml/kgafrika lele 0.5 ml/kg
Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim 
spesifikasi:
satu botol berisi DOM 100 mg & GnRHa0.2mg viel per botol, 5 botol per kotak
Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim OvaprimOvaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim OEfek samping:
 tidak terdeteksi
Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim Ovaprim OvaprimOvaprim OvaprimOvaprim Ovaprim OvaprimOvaprim Ovaprim OvaprimOvaOvap
penyimpanan:
tempat yang dingin & kering dengan suhu di bawah 25° C.


Bagaimana pemijahan dipicu secara alami?

pemijahan, pelepasan gamet (dewasa oosit/telur oleh perempuan atau sperma/milt oleh laki-laki) dari gonad (ovarium atau testis), adalah acara final dalam siklus reproduksi (Rottmann et al. 1991a), dan adalah hasil dari kompleks interaksi antara berbagai hormon dan jaringan yang berbeda/organ di ikan tubuh.
uraian berikut adalah versi yang sangat sederhana dari peristiwa besar (Rottmann et al. 1991a; gambar 1a) yang terjadi selama pemijahan alami. lingkungan dan faktor internal (yang berbeda dari spesies untuk spesies) memicu hormon cascade terkemuka untuk telur pematangan dan rilis pada wanita, dan sperma pematangan dan rilis pada laki-laki.
 Hasil gambar untuk kegunaan ovaprim untuk pemijahan ikan

apa Ovaprim?

Ovaprim adalah dua bagian obat yang terdiri dari 1) yang lebih pendek, versi GnRH sintetis dan 2) domperidone. siap untuk menyuntikkan Ovaprim dipasarkan dalam bentuk cair.
dalam industri ikan hias, Ovaprim digunakan sebagai bantuan untuk menginduksi pemijahan ovulasi (rilis dewasa oosit/telur) dan spermiation (rilis milt/sperma) di matang, dengan benar ac induk-ikan. Ovaprim sangat berguna untuk spesies untuk pemijahan di penangkaran sulit untuk menginduksi yang alami. 

CATATAN: penggunaan Ovaprim tidak menjamin sukses pemupukan, pengembangan, dan menetas goreng. keseluruhan baik manajemen peternakan dan hatchery, termasuk baik genetika, nutrisi yang tepat, lingkungan (termasuk kualitas air), substrat, struktur sosial, dan faktor lain akan mempengaruhi kualitas telur dan milt, telur menetas, dan goreng kelangsungan hidup.

bagaimana Ovaprim bekerja?

untuk beberapa spesies hias, menentukan yang alami lingkungan isyarat akan menyebabkan ovulasi dan spermiation telah sulit. Ovaprim sintetis GnRH erat menyerupai GnRHs alami dan, dalam banyak spesies, sebenarnya lebih ampuh (Gambar 1b). ketika disuntikkan ke dalam rongga tubuh (coelom atau perut) atau otot dari reseptif, matang, ac ikan, perjalanan dari injeksi yang sintetis GnRH situs situs melalui darah untuk aktivasi dalam kelenjar hipofisis. memulai reproduksi Ovaprim cascade dan menghilangkan kebutuhan untuk memicu alami. Domperidone, komponen aktif dari Ovaprim yang lain, membantu memblokir penghambatan efek dopamin. Domperidone, oleh karena itu, sangat penting untuk pemijahan diinduksi dari spesies yang reproduksi cascade akan berhenti karena stres rilis yang menyebabkan dopamin, karena dopamin akan blok GnRH aktivitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar