Senin, 04 Maret 2019

Membudidayakan Sente Untuk Pakan Tambahan Ikan Gurame

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas


Tanaman sente adalah spesies tanaman ragam talas-talasan, tak jauh beda dengan tanaman talas yang lazim dikonsumsi. Tapi tekstur dan formatnya jauh lebih gagah dan menarik. Bentuk daun kaku dan tebal. pada permukaan daun mempunyai tekstur acak yang nampak bergelombang. Secara untuk ragam tanaman sente hitam. Pada sente hitam tekstur daun adalah hal yang paling diminati oleh penghobi tanaman.
Untuk dikala ini pohon sente yang tenar ada dua ragam adalah sente hijau dan sente hitam. Tapi untuk soal harga, sente hitam lebih mahal. Disamping warna hitamnya yang lebih kontras, keadaan permukaan daunnya yang bergelombang menghasilkan kekuatan tarik tersendiri bagi sente hitam diperbandingkan dengan ragam sente lainnya. Tanaman sente adalah ragam pakan alami yang bagus bila diperbandingkan pakan alami lainnya, untuk ikan gurame ukuran konsumsi ataupun induk. Bagian yang acap kali diwujudkan sebagai pakan alami ikan gurame adalah daunnya. Disamping kandungan gizinya yang lebih bagus, pemeliharaan pada budidaya tanaman sente ini relatif gampang.

Persiapan lahan
Adapun level persiapan lahan pada budidaya tanaman sente sebagai berikut :
~ Pembersihan rumput atau gulma pada lahan yang akan ditanami.
~ Pembuatan lubang tanam yang berukuran 40 x 40 x 30 cm dengan jarak tanam antar lubang 0,5 – 1 m
~ Berikan kapur pada lubang tanam agar tanaman terlindungi dari hama kuuk/lundi
~ Pemupukan dengan menggunakan pupuk organik dan anorganik, adalah :
~ Pupuk kandang 2 kg/ lubang
~ Pupuk urea 50 gram/lubang
~ Pupuk TSP 50 gram/lubang
~ Kapur, pupuk kandang, urea,dan TSP dicampur dengan tanah, kemudian masukan kedalam lubang tanam dan diamkan selama 2-3 hari.
 

Penanaman dan pemeliharaan pada budidaya tanaman sente.
Benih tanaman sente bisa didapat dari anakan sekitar tanaman induk yang telah mencapai tinggi 20 – 40 cm. Penanaman sebaiknya dikerjakan pada musim penghujan. Selama pemeliharaan lakukan penyiangan, selama satu bulan sekali/ pantas dengan keadaan gulma agar tanaman tak terganggu oleh gulma/ rumput.
Lakukan pemupukan susulan tiap tiga bulan sekali, adalah :
~ Pupuk Kandang 0,5 gram/ tanaman
~ Pupuk Urea 25 gram/ tanaman
~ Pupuk Tsp 25 gram/ tanaman
~ Panen
Tanaman ini dapat dipanen ketika telah memasuki usia 3 bulan dan kemudian tanaman sente dapat langsung digunakan sebagai pakan untuk ikan. Tiap-tiap pohonnya diambil satu pelepah daun dengan interval waktu 10 hari. Dosis untuk pemberian pakan ikan yang terbuat dari sente adalah sebanyak 5 – 10% dari beban induk ikan, atau sekitar 0,5 – 1 pelepah daun/kg ikan. Adapun umur produktif tanaman sente berkisar antara 3 bulan sampai 3 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar