Minggu, 03 Februari 2019

Membuat Pakan Ikan Dari Gedebog Pisang

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si.
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas

Cara membuat pakan fermentasi gedebog pisang kaya nutrisi -‘ 
Gedebog adalah sebutan dalam bahasa jawa atau lebih dikenal dengan nama batang pisang, siapa yang menyangka dar limbah kebun pisang terdapat bahan pakan ternak berlimpah. Kebanyakan para pembudidaya tanaman pisang hanya membuat atau membiarkan gedebog hingga busuk begitu saja seteleh dipanen buahnya. Pada umumnya nilai ekonomis daroigedebog pisang hanya sebatas pengolahan sebagai bahan baku pembuatan tali untuk industri sofa.
fhgrythdfb
Berkat berbagai penelitian telah diketahui manfaat lain dari gedebog pisang yang dapat diproses sebagai pakan ternak dengan cara fermentasi. Memang masihbnayak masyarakat peternak di indonesia belum mengetahui manfaat serta kandungan nutri pada batang pisang ini sebagai pengganti makanan ternak seperti kambing, domba, sapi, bebek (unggas), kelinci dll.
Kandungan yang terdapat dalam batang pisang menurut berbagai penelitian, gedebog diketahui memiliki kandungan nutrisi yang komplit sebagai pengganti pakan ternak. Adapun komposisi rata-rata nutri dalam batang pisang antara lain : Bahan kering (BK) 87,7 %, abu 25,12%, lemak kasar (LK) 14,23 %, serat kasar (SK) 29,40%, protein kasar (PK) 3 % termasuk asam amino, amine nitrat, glikosida, mengandung N, glikilipida, vitamin B, asam nukleat, bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN) 28,15% termasuk karbohidrat, gula dan pati.
Dengan diketahui kandungan nutrisi pada batang pisang, tentu kebutuhan makanan ternak bukan suatu kendala bagi peternak, dengan kata lain gedebog merupakan kandidat tepat untuk pengganti pakan ternak. Memang jumlah protein kasar dalam gedebog pisang tidaklah terlalu tinggi namun dengan mencampur bahan lain seperti bekatul, bungkil kelapa, ampas tahu atau limbah dari produk kedelai, dan ditambah dengan fermentasi mampu meningkatkan protein kasar pada gedebog pisang.
Pemanfaatan limbah untuk pakan ternak sangat populer disebut pakan fermentasi. Fermnetasi merupkan proses pemecahan senyawa organik menjadi sederhana yang melibatkan mikroorganisme dengan tujuan menghasilakn sutau produk yang mmepunyai petumbuhan mikroba kontaminan.
Perlu diperhatikan bahwa cara alami pertambahan berat badan pada hewan ternak akan sangat cepat. Namun untuk mewujudkan itu perlu cara pemberian konsentrat dengan menggunakan pola HCS dengan produk SOC, hasil pakan yang dibuta dari sisa-sisa limbah pertanian. Dengan fermentasi menggunkaan produk SOC-HCS, selain menguntungkan dari sisi pengeluaran hewan ternak juga akan cepat gemuk. Cara membuatnya juga cukup mudah dan bisa di lakukan siapa saja.
SOC (Suplemen Oranik Cair) merupakan suplemen khusus untuk menyehatkan bintang ternak anda. Dengan SOC anda dapat menekan pengeluaran selama produksi dan perawatan. SOC membantu mengurangi tingkat stres pada hewan ternak dan menekan timbulnya penyakit pada ternak anda untuk meningkatkan antibodi, sehingga hewan tenak tidak muda sakit.
index y
Manfaat SOC-HCS
  • Membantu mengurangi tingkat stres pada hewan dan menekan timbulnya penyakit pada ternak anda.
  • Meningkatkan natibodi, sehingga hewan ternak tidak mudah sakit.
  • Mengurangi angka resiko kematian hewan tenak.
  • Memberikan efek merangsangnafsu makan pada hewan ternak.
  • Mempercepat pertumbuhan hewan ternak dan meningkatkan produksi daging.
  • Selain meningkatkan produksi daging, SOC juga baik untuk perkembangbiakan hewan ternak.
    SOC membantu meningkatkan kesuburan hewan ternak.
  • Mempertinggi kualitas telur pada hewan unggas, maupun perkembangbiakan hewan ternak lainnya seperti kambing dan sapi.
Teknologi fermentasi bisa menjadi pilihan mudah. Alasnnya bahan baku seperti berbagai daun dan jenis rumput kering atau limbah pengolahan kedelai. Bisa juga gedebog pisang ditambah bekatul. Semua bahan itu dicampur lalu difermentasikan selama 3×24 jam. Hailnya adalah makan ternak fermentasiyang lebih awet dengan bau yang khas dan kandungan karbohidrat, protein dan vitamin yang cukup stabil. Pemberian secara teratur denagn jumlah seimbang antara berat pakan dan berat hewan sehingga membuat ternak menjadi terpelihara secara baik.
Kelebihan pakan fermentasi gedebog pisang kaya nutrisi
  • Memperbaiki sistem pencernaan hewan ternak.
  • Meningkatkan produksi susu.
  • Bobot ternak cepat bertambah secara alami, gemuk, dan sehat.
  • Meningkatkan nafsu makan hewan ternak.
  • Daging lebih berisi serta rendah kolesterol.
  • hewan ternak lebih kebal dan tahan terhadap penyakit.
  • Kotorannya pun tidak bau sehingga tidak mencemari udara lingkungan.
  • Kotoran dan urine pada hewan lebih sedikit dan bisa digunakan sebagai pupuk kandang/biogas alami.
Cara membuat pakan fermentasi gedebog pisang kaya nutrisi
  • Pohon pisang dipotong-potong / dicacah kecil-kecil. Lalu masukkan gula dan SOC  kedalam air 1 liter.
  • Di sisi lain, campurkan bahan utama yaitu pohon pisang, ampas tahu dan katul kedalam wadah yang besar.
  • Larutan yang berisi air, gula pasir dan SOC tadi aduk rata dan diamkan sejenak selama kurang lebih 15 menit. Kemudian masukkan lag larutan itu kedalam air 10 liter lalu siramkan secara merata kedalam campuran pakan  dalam wadah besar, kemudian sebagai tambahan taburkan garam dan aduk terus menerus hingga semuanya tercampur rata.
  • Masukkan pakan kedalam drum plastik lalu tutup rapat dengan tujuan agar kedap udara selama kurang lebih 1 hari.
  • Pakan fermentasisiap untuk diberikan pada ternak kambing atau sapi setiap pagi dan sore.
Hal yang harus diperhatikan supaya hewan ternak akan menyukai pakan fermentasi
  • Terlebih dahulu hewan ternak dicekok/dicontang dengan 2-3 cc (1 tutup botol SOC-HCS) agar nafsu makannya meningkat.
  • Pertama berikan pakan buatan dicampur dengan pakan biasa yang telah disemportkan SOC-HCS.
  • Selama 1-7 hari, tiap pagi ternak diberi pakan seperti biasa yang telah disemprot SOC-HCS, sore harinya diberi pakan buatan agar terbiasa. Selanjutnya akan normal dengan pakan buatan.
  • Atur kadar air jangan terlalu tinggi. Bila terlalu tinggi atau basah, hasil fermentasi tidak optimal dan kurang tahan lama.
Manfaat pakan fermentasi gedebog pisang kaya nutrisi
Keunggulan pakan organik alternatif yang diperoleh dari fermentasi tidak hanya terkait dengan soal biaya. Secara alami, hewan ternak sebenarnya melakukan proses ferementasi dalam proses pencernaannya. Dengan adanya pakan yang sudah difermentasikan, setidaknya tubuh hewan ternak bisa langsung menyerap sari makanan. Meskipun demikian, perlu juga dicatat bahwa jumlah total pakan yang harus diberikan pada hewan ternak setidaknya mencapai 10% dari total berat pada hewan ternak. Pemberian pakan yang kurang hanya akan menghambat kesehatan reproduksi hewan ternak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar