Selasa, 05 Februari 2019

Pencegahan Parasit Argulus Pada Ikan

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas

Ciri Ikan yang terserang biasanya sirip atau bagian tubuh tertentu lainnya mengalami pendarahan




Serangan penyakit atau parasit pada Ikan merupakan momok menakutkan bagi pembudidaya Ikan. Jenis organisme penyakit atau parasit yang menyerang Ikan umumnya termasuk golongan virus, bakteri, jamur atau hewan invertebrata. Sedangkan bagian tubuh Ikan yang sering diserang adalah bagian luar seperti kulit atau sisik, dan bagian dalam tubuh seperti insang, daging atau saluran pencernaan. Sebagai contoh jenis parasit yang sering menyerang Ikan adalah Argulus sp.

Argulus termasuk golongan udang primitif yang berbentuk bulat pipih. Tubuhnya terlindungi oleh lapisan keras yang transparan. Argulus mempunyai ukuran tubuh yang relatif besar, sehingga secara mudah dapat terlihat dengan mata telanjang. Argulus termasuk organisme yang menyerang Ikan melalui bagian kulit.

Ciri-ciri Ikan yang terserang Argulus biasanya siripnya atau bagian tubuh tertentu lainnya mengalami pendarahan. Pada bagian luka ini akan didapati satu atau sekelompok Argulus. Argulus merupakan organisme yang dapat dengan mudah berpindah dari satu ekor Ikan ke Ikan lainnya.

Cara pengendalian penyebaran parasit Argulus sp. yang menyerang Ikan diantaranya sebagai berikut 
  • Akuarium, air, substrat jaring dll yang telah terkontaminasi oleh Argulus dapat disterulisasi dengan larutan chlorin agar terbebas dari Argulus yang hidup dan menempel di daerah tersebut.
  • Cara yang paling efektif untuk mencegah serangan parasit ini adalah dengan melakukan pengeringan dan pengapuran kolam serta penyaringan air. Sedangkan pengendaliannya dapat dilakukan dengan menggunakan larutan garam (NaCI) atau larutan garam ammoniak (NH 4 CI) garam berfungsi untuk menghambat perkembangan parasit. Demikian pula dengan perendaman Ikan dalam larutan bromex 0,1-0,2 ppm. Perendaman dalam larutan lindane 0,01-0,02 ppm sudah dapat membunuh Argulus sp. yang berenang bebas dalam waktu 5 jam, sedangkan dosis 0,013 ppm terbukti dapat membunuh secara total setelah 48 jam. Perendaman dalam larutan neguvon 1 gram per liter air selama 10-30 menit cukup ampuh untuk memberantas parasit ini
  • Selain itu juga, organisme ini biasanya dapat diberantas dengan menggunakan penjepit sejenis pinset untuk melepaskannya dari tubuh Ikan. Telur-telur dan larvanya, dapat dibunuh dengan cara mengeringkan atau memberikan kapur ke dasar kolam. Dosis kapur yang diberikan adalah 200 gram per meter persegi dan dibiarkan selama 5-6 hari.
  • Jenis obat lainnya yang cukup efektif untuk memberantas Argulus adalah Neguvon, yang berbentuk tepung (serbuk) buatan Bayer, Jerman. Cara penggunaannya adalah dengan memandikan Ikan di dalam larutan Neguvon dengan dosis 1 gram per liter air, selama 10-30 menit. Dianjurkan menggunakan sarung tangan karet, karena obat ini dapat merusak kulit. Selain neguvon, bahan kimia yang cukup efektif untuk membunuh Argulus adalah Abate, yaitu obat yang biasa digunakan untuk membunuh larva nyamuk penyebab penyakit malaria. Satu sendok makan Abate untuk kolam berukuran 2 x 1 meter, sudah cukup ampuh untuk membasmi Argulus. Cara yang mudah dan murah untuk membasmi Argulus adalah dengan menggunakan garam (NaCl) atau (NH4Cl). Ikan yang telah terserang Argulus direndam dalam NaCl ( 20 gram per liter air ) selama 5 menit atau direndam dalam larutan NH4Cl ( 12,5 gram per liter air ) selama 5-10 menit. (berbagai sumber)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar