Senin, 21 Januari 2019

Budidaya Praktis Baung Sungai

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Hasil gambar untuk budidaya baung di kolam terpalPenyuluh Perikanan Kab Musi Rawas

Ikan baung (Mystus nemurus C.V) termasuk ikan asli Indonesia, tetapi namanya tidak populer seperti ikan-ikan air tawar lainnya. Bahkan ikan ini sepertinya dianggap tidak ada, dan tak pernah dilirik orang. Ini wajar karena lidah orang Indonesia belum terbiasa dengan rasa ikan ini. Mereka lebih terbiasa dengan ikan mas, nila, dan lele.

Meski tidak populer, tetapi pasar ikan baung tetap terbuka. Karena ikan ini dapat dijual baik di pasar domestik mapun pasar internasional. Pasokan dari produsen masih belum mampu memenuhi permintaan. Karena jumlah pembudiadayanya masih sedikit. Keadaan ini telah membuka peluang untuk menjadi sebagai lahan usaha.

Di beberapa daerah dan negara, sebutan baung berbeda-beda, atau disebut pula dengan nama lokal. Di Jakarta dan Malaysia ikan baung lebih dikenal dengan tiga sebutan, yaitu ikan bawon, ikan singal, dan ikan senggal. Sementara itu di Jawa Barat disebut ikan singgah, dan di Jawa Tengah terkenal dengan sebutan tagih dan tenggah. Sedangkan ikan baung sendiri berasal dari Sumatra dan Kalimantan.

Sama seperti ikan lain budidaya ikan baung dimulai dengan pembenihan. Pembenihan tidak dilakukan secara alami, tetapi hanya bisa dilakukan secara buatan. Namun cara itu untuk saat ini tidak sulit.

Pada tahap pembesaran juga tidak sulit. Karena ikan baung dapat dipelihara dalam wadah apa saja, termasuk di kolam tanah dan jaring terapung. Sistem pemeliharannya sama dengan ikan-ikan yang lainnya, bisa secara tradisional bisa juga secara intensif. Namun satu hal yang harus dipikirkan. Jangan pernah berhenti di tengah jalan.


HABITAT DAN PENYEBARAN

Ikan baung adalah ikan asli Indonesia. Ikan ini banyak hidup di air tawar. Daerah yang paling disukai adalah perairan yang tenang, bukan air yang deras. Karena itu, ikan baung banyak ditemukan di rawa-rawa, danau-danau, waduk dan perairan yang tenang lainnya. Meski begitu, ikan baung tetap memerlukan oksigen yang tinggi untuk kehidupannya.

Ikan baung tumbuh dan berkembang di perairan tropis. Daya adaptasinya tergolong rendah, kurang tahan terhadap perubahan lingkungan, dan serangan penyakit. Ketidaktahanan pada keduanya terutama terjadi pada fase benih yaitu dari ukuran 0,5 – 2 cm.

Ikan baung dapat hidup pada ketinggian sampai 1.000 m di atas permukaan laut, hidup baik pada suhu antara 24 – 29 O C, derajat keasaman (pH) antara 6,5 – 8, kandungan oksigen minimal 4 ppm, dan air yang tidak terlalu keruh dengan kecerahan pada pengukuran alat secchi disk.

Di Sumatra, ikan baung banyak ditemukan di Danau Toba, tetapi populasinya terus berkurang, karena adanya penangkapan yang tidak selektif. Di Danau tondano Sulawesi, ikan baung juga banyak ditemukan, tetapi jumlahnya sudah sangat sedikit. Demikian juga dengan danau-danau, dan rawa-rawa lain yang ada di seluruh Indonesia.


Di Jawa Barat, ikan baung banyak ditemukan di tiga waduk besar, yaitu Waduk Jatiluhur, Saguling dan Cirata. Populasi ikan baung di ketiga waduk itu cukup tinggi, mengingat keadaan perairan yang sesuai dengan habitat hidupnya. Bagi masyarakat sekitar waduk, ikan baung telah menjadi salah satu ikan tangkapan yang dapat menjadi sumber kehidupan.

Selain di danau, rawa dan waduk, ikan baung juga sering ditemukan di sungai-sungai. Tentu saja bukan sungai yang berair deras, tetapi sungai yang arus airnya lambat. Ikan baung banyak ditemukan di sungai-sungai di Propinsi Riau. Selain di sana, ikan baung juga banyak ditemukan di sungai lain di seluruh Indonesia.

Ikan baung termasuk ikan yang penyebarannya cukup luas. Selain di Indonesia, ikan baung juga banyak ditemukan di Hindia Timur, yang meliputi Malaya, Indocina, Singapura dan Thailand. Menurut Sriyusanti, selain di Benua Asia, ikan baung juga banyak ditemukan di Benua Afrika.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar