Sabtu, 26 Januari 2019

Mengobati Dan Mencegah Penyakit Kutu Jarum Pada Ikan Guppy

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas

agaimanakah cara mengatasi penyakit kutu jarum pada ikan guppy? Ikan guppy merupakan ikan hias yang sering diserang oleh penyakit, salah satunya adalah kutu jarum. Kutu jarum merupakan sebuah parasait yang memiliki bentuk seperti jarum dan dapat menusuk ikan anda, akibatnya ikan akan sakit bahkan sampai mati.

Parasit ini akan menusukan tubuhnya ke badan ikan dan menghisap darah mereka, parasit yang menempel merupakan berjenis betina dan jantan. Mereka juga akan melakukan proses perkawinan ketika menempel pada ikan anda, hasil perkawinan tersebut akan menghasilkan telur dan menempel pada insang ikan hias dan akan segera menetas menjadi larva parasit kecil.

Larva ini kemudian akan berkembang menutupi insang ikan dan keseluruh tubuh ikan tersebut, hal ini akan mengakibatkan ikan hias yang memiliki badan kecil akan mati.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah cara mengatasi penyakit kutu jarum pada ikan guppy.


Cara Mengobati dan Mencegah Penyakit Kutu Jarum pada Ikan Guppy

 

Hasil gambar untuk cara pengobatan penyakit pada ikan hiasHasil gambar untuk cara pengobatan penyakit pada ikan hias


1. Mencabutnya Dengan Pingset.

Cara pertama dan mudah dalam mengatasi penyakit kutu jarum pada ikan guppy adalah dengan mencabutnya menggunakan pingset, perlu anda ingat bahwa saat mencabutnya perlu kehati-hatian. Ini karena bila anda tidak berhati-hati maka kulit ikan guppy anda akan robek, ini disebabkan oleh jaringan kutu jarum berbentuk seperti kail dan mengikat.

Setelah anda berhasil mencabutnya, maka segeralah tambahkan antibiotik ikan pada kolam atau pada akuarium anda. Antibiotik ini dapat dibeli di toko ikan terdekat.

2. Selalu Bersihkan Akuarium Anda Secara Berkala.

Parasit dapat berkembang biak pada akuarium karena air dalam akuarium anda kotor, banyak penyakit mungkin akan segera menyerang ikan guppy yang anda pelihara.

Selain itu, ikan guppy yang anda pelihara akan mudah stres dan tidak dapat lincah dalam bergerak. Ini akan membuat ikan guppy yang anda pelihara akan terlihat tidak cantik karena warnanya akan tidak jelas terlihat dan kurang menarik bila dipandang.

Setidaknya akuarium dibersihkan seminggu sekali, bila memungkinkan lebih baik memasang mesin pembersih air agar anda tidak membersihkannya secara manual lagi.

3. Menjadikan Akuarium Anda Steril.

Untuk mengatasi penyakit kutu jarum pada ikan guppy selanjutnya adalah menjadikan akuarium tempat ikan anda steril, caranya adalah sebagai berikut.

  1. siapkan sebuah toples terbuka dan berisi air
  2. lalu pindahkan ikan guppy anda dari akuarium ke toples tersebut
  3. bersihkan akuarium dengan cara dicuci
  4. masukan air bersih ke dalam akuarium
  5. setelah itu tambahkan antibiotik ikan agar kutu jarum lambat berkembang
  6. lalu pindahkan kembali ikan yang anda taruh di toples tersebut ke akuarium

Bagaimana cukup mudah untuk dilakukan bukan? Maka dari itu segeralah untuk mensterilkan akuarium anda agar ikan guppy yang anda pelihara dapat sehat dan lincah.

4. Menambahkan Bubuk Abate.

Siapa sangka bubuk abate yang biasanya digunakan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk ternyata dapat mengatasi penyakit kutu jarum pada ikan guppy, caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Cukup menambahkan bubuk abate pada akuarium tempat ikan anda, namun perlu diingat bahwa dosis bubuk abate yang ditambahkan haruslah pas dengan kapasitas air pada akuarium anda. Bila bubuk abate yang anda tambahkan terlalu banyak dan melewati kapasitas air dalam akuarium maka dapat mengakibatkan ikan guppy anda juga akan ikut mati, seperti yang kita tahu bahwa bubuk ini mengandung racun yang berbahaya. (Dari berbagai sumber-Penyuluhan Perikanan).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar