Selasa, 22 Januari 2019

Membuat Kerupuk Ikan Yang Gurih

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si.
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas

Membuat Kerupuk Ikan Yang Gurih

Cara Mudah Membuat Kerupuk Ikan Yang Gurih – Kerupuk ikan merupakan salah satu camilan yang sangat populer, kenapa kerupuk dari ikan ini sangat populer yang tak lain tak bukan adalah karena rasanya yang sangat khas. Kerupuk ini memiliki rasa yang sangat unik serta sangat berbeda dengan kerupuk biasa pada umumnya. Rasanya yang gurih khas rasa ikan menjadi suatu pembeda tersendiri kerupuk ikan ini dengan kerupuk biasa. Cara membuat kerupuk ikan sebenarnya sangat mudah walaupun membutuhkan waktu yang lama, khususnya masa penjemurannya. Pasalnya penjemuran kerupuk ikan ini membutuhkan waktu selama 3-5 hari agar kerupuk benar-benar kering. Penasaran ingin membuatnya? Simak panduan singkatnya berikut ini.

Cara Mudah Membuat Kerupuk Ikan Yang Gurih
Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk ikan yang gurih

  • 2 kg tepung tapioka
  • 1 kg daging ikan tenggiri, dihaluskan
  • 2 sendok makan garam
  • 10 siung bawang putih, dihaluskan
  • 1 sendok teh ketumbar halus
  • 1 sendok teh soda untuk kue
  • 600 gram gula pasir
  • 10 butir telur ayam
  • air bersih secukupnya
  • minyak untuk menggoreng
Cara membuat kerupuk ikan gurih enak:
  1. Langkah pertama adalah mencampurkan tepung tapioka dengan daging ikan tenggiri, aduk-aduk sampai rata, kemudian tambahkan garam, bawang putih yang telah dihaluskan, ketumbar halus, soda kue, gula pasir dan telur.
  2. Selanjutnya uleni adonan tersebut sampai kalis ditandai dengan adonan yang tak lengket di tangan. Kemudian bungkus adonan menggunakan daun pisang dan gulung memanjang lalu kukus selama kurang lebih 2 sampai 3 jam hingga adonan benar-benar matang.
  3. Setelah adonan matang kemudian angkat dan dinginkan, kemudian iris-iris adonan kemudian jemur irisan tersebut menggunakan tampah di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Lama penjemuran kurang lebih selama 3 sampai 5 hari tergantung kondisi alam.
  4. Jika kerupuk tersebut telah benar-benar kering itu tandanya kerupuk siap untuk digoreng.
  5. Goreng kerupuk menggunakan api sedang, dan setelah kerupuk digoreng hingga merekah segera angkat kerupuk dan tiriskan.
  6. Kerupuk ikan yang sangat gurih siap untuk dinikmati.
  7. Agar kerupuk tetap renyah, simpan kerupuk di dalam toples yang tertutup rapat.
Cara membuat kerupuk ikan yang sangat lezat ini sebenarnya sangat mudah, yang diperlukan hanyalah ketekunan dan kesabaran mengingat pengolahan kerupuk ini dari nol sampai menjadi kerupuk siap konsumsi memerlukan waktu berhari-hari. Namun lamanya proses pembuatannya akan sangat setimpal dengan hasil yang didapat. Kerupuk ikan yang gurih, enak serta sehat ini bisa dinikmati kapan pun. Kandungan protein yang terdapat pada ikan tenggiri sangat baik untuk tubuh. Belum lagi kandungan yang ada pada bahan pendukungnya yang tak kalah bermanfaat bagi tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar