Rabu, 23 Januari 2019

Abon Dari Ikan Nila


Hasil gambar untuk Pembuatan Abon dari ikan nila

Oleh "Ahmad Rukbi, SP. MM. M.Si."
Penyuluh Perikanan Kab Musi Rawas






Bisnis usaha rumahan abon ikan nila sebenarnya tidak setenar abon daging. Tetapi rasa dan bau khas yang nikmat dari abon ikan membuat abon tersebut justru menyimpan kelezatan tersendiri di bandingkan abon daging. Apalagi komposisinya yang lebih halus memberi rasa istimewa di lidah pecintanya.

Selain itu, abon ikan nila berisi banyak nutrisi ikan yang jauh lebih terjaga dan sehat dibandingkan abon daging yang masih mengandung banyak kolesterol dari daging sapi. Dan satu evaluasi pentingnya yaitu abon ikan nila ini juga lebih simpel Anda jadikan bisnis usaha rumahan.

Anda bisa memulai bisnis usaha rumahan dengan memproduksi abon ikan nila secara home industry dengan bermodal komoditas ikan nila yang paling mudah .   Dengan fokus pada jenis ikan nila yang jumlahnya melimpah.gampang  maka meringankan Anda memproduksi abon nila selaras dengan target, karena Anda tidak lagi harus susah payah untuk memperoleh bahan baku nya.

Ada banyak pengganti ragam ikan nila yang sesuai untuk menjadi bahan baku abon, seperti ikan lele dan patin, ikan gurame, ikan gabus atau justru ikan laut seperti ikan tuna, tenggiri, kerapu atau tongkol. 

Berdasarkan para pakar masakan, ikan yang baik sebagai bahan baku abon ikan adalah ikan yang sudah dewasa, sebab dagingnya lebih kenyal sehingga seratnya masih terasa bila anda memasak menjadi abon. Ikan kecil atau muda dagingnya sangat halus dan dapat cair ketika anda goreng menjadi abon.

Untuk proses produksi bisnis usaha rumahan ini tergolong gampang. Ikan  besar dibersihkan dari kotoran, kemudian dikupas dan dilepas duri serta jeroan dalamnya terus digiling dan diaduk dengan bumbu-bumbu.

Setelah didiamkan selama 1 jam agar bumbu menempel, adonan daging ikan nila digiling dan di goreng hingga menguning dan wangi, angkat sebelum menjadi coklat dan gosong. Total seluruhnya untuk sekali olahan diperlukan waktu masak sekitar kurang lebih 2-3 jam saja, terbilang sederhana dan cepat kan?

Sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang sudah paham dengan tugas-tugas rumah tangga mereka. Mengelola bisnis usaha rumahan produksi abon ikan  nila ini hanya menghabiskan waktu yang tidak banyak, sehingga tidak banyak merubah ritme  sebagai seorang ibu tumah tangga.

Malah untuk sebuah usaha kelas menengah, Anda sangup mengembangkan Bisnis Abon Ikan Nila ini dari skala yang kecil dulu. Gunakan perlengkapan dapur yang Anda miliki dan belilah sekurangnya 5 kg ikan selaras dengan jenis yang bakal Anda hasilkan secara biasa. Dari 5 kg daging ikan segar, rata-rata mampu menghasilkan setidaknya 2 kg abon ikan matang siap jual. Kapasitas ini layak untuk mengawali sebuah bisnis usaha rumahan skala kecil.

Lalu apa Bayangan Kemungkinan dari Bisnis Usaha Rumahan Ini?

Anda dapat memperhatikan sebagian pemain usaha sejenis abon nila dari berbagai penjuru daerah. Di kota tugumulyo terdapat sebuah usaha Bisnis Abon Ikan Nila berbahan ikan nila di kawasan perikanan Musi rawas. Dari hanya sekedar menghasilkan produk skala kecil 3 -5 kg ikan mentah perhari, sekarang dalam satu hari produksinya mau tak mau harus cukup  menyediakan 35 kg ikan nila  segar.
.......................Terima Kasih..................


    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar